Welcome My Blog

Ramdhani Purnama Alam

AINK BOBOTOH PERSIB

Photobucket

Jumat, 11 Februari 2011

Militer Indonesia di Tahun 60'an

Karena kedekatan Indonesia dengan blok timur maka pada awal tahun 60 an pesawat-pesawat buatan Soviet mulai berdatangan ke Indonesia. Pada tahun 1961, Indonesia menjadi negara kedua yang menerima dan mengoperasikan TU-16, bomber terbaru dari Soviet.


TU-16

AS-1


Sekitar 25 buah TU-16KS Badger yang diperlengkapi dengan persenjataan berupa rudal udara kepermukaan AS-1 Kennel. Beberapa instruktur Soviet disiagakan untuk menghantam target favorit kala itu, yaitu kapal induk Belanda Karel Doorman.

Beberapa jenis pesawat tempur juga tiba di Indonesia, terdiri dari MIG-15, MIG-17F/PF, MIG-19S dan MIG-21F-13, bomber IL-28, helikopter MI-4, pesawat angkut AN-12. Indonesia juga menerima LA-11. Helikopter terbesar didunia saat itu MI-6 juga dimiliki Indonesia. Beberapa Tupolev TU-2 dari Cina juga datang yang dipersiapkan untuk menggantikkan armada B-25, tetapi tidak pernah mencapai status operasional.

MIG-15

MIG-17

MIG-19

MIG-21

MI-4

MI-6

IL-28


SAM SA2 Guideline (S-75 Dvina) juga turut memeriahkan angkatan bersenjata Indonesia. SA2 adalah rudal anti pesawat tercanggih pada saat itu.

SA2


Selama periode ini AURI adalah angkatan udara terbesar di belahan bumi selatan.

KRI-Irian


KRI-Irian Monster Laut dari Indonesia adalah kapal penjelajah ringan Soviet. Soviet belum pernah mengirimkan atau menjual kapal laut dengan bobot seberat KRI-Irian, sampai saat ini hanya Indonesia yang pernah memiliki kapal penjelajah di Asia Tenggara. KRI-Irian sengaja didatangkan pemerintah Indonesia untuk membantu pembebasan Irian Barat dari Belanda.~

0 comment:

Posting Komentar

Get Paid